Muni Garga: Meramal Kehidupan Bayi Krishna dan Rama #SrimadBhagavatam

Ilmu astrologi yang berkembang di wilayah peradaban Sindhu atau Hindia tidaklah berdasarkan takhayul, melainkan berdasarkan pengetahuan para ahli mereka tentang ruang angkasa, sebagai hasil penelitian selama ribuan tahun. Dari penelitian-penelitian ilmiah itu pula mereka dapat menyimpulkan bila kehidupan di bumi sangat terpengaruh oleh keadaan di ruang angkasa. Konstelasi perbintangan saat kelahiran tidak hanya menentukan sifat dasar manusia, tetapi juga memengaruhinya sepanjang hidup.

(Catatan: “Sifat dasar” di sini tidak berarti harga mati. Ia ibarat kain blacu yang biasa digunakan untuk batik tulis. Kita memang tidak bisa mengubah tenunan kain itu. Tetapi, dengan mengetahui sifat kain, kita bisa menentukan bahan celup dan tulis yang sesuai. Kita juga bisa menentukan corak sesuai dengan selera kita. Pada akhirnya, harga kain itu bisa meningkat beberapa kali lipat karena “tambahan-tambahan” yang kita lakukan).

Pengetahuan tentang sifat dasar membantu kita untuk melakukan sesuatu yang menguntungkan dan menghindari apa yang tidak menguntungkan. Silakan mempelajari pengaruh konstelasi perbintangan terhadap kehidupan Anda. Pelajari pula kekuatan-kekuatan alam yang siap mendukung Anda, dan membantu dalam hal pengembangan diri. Gunakan kekuatan-kekuatan itu untuk meraih keberhasilan. Di saat yang sama, pelajari pula kelemahan-kelemahan, dan kekurangan-kekurangan diri. Janganlah berpikir bila kelemahan-kelemahan dan kekurangan-kekurangan itu tidak dapat diatasi. Semuanya dapat diatasi dan diperbaiki. Adalah kehendak yang kuat dan karya nyata untuk mengubah diri, dan mengubah keadaan. Itu saja yang dibutuhkan. Dikutip dari buku (Krishna, Anand. (2010). Spiritual Astrology, The Ancient Art of Self Empowerment, Bhakti Seva, Terjemahan Bebas, Re-editing, dan Catatan Oleh  Anand Krishna. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama)

Pada suatu hari, Muni Garga datang ke rumah Nanda di Gokula. Muni Garga adalah seorang suci dari Dinasti Yadu. Nanda merasa sangat terhormat karena seorang Muni jarang sekali mendatangi rumah seorang Grihastha, perumah-tangga seperti Nanda. Karena pada umumnya seorang Grihastha, yang berumah tangga, biasanya lebih mementingkan urusan keluarga daripada urusan rohani. Pada kesempatan yang baik tersebut Nanda menyampaikan permohonan agar Sang Muni memberikan nama kepada dua bayi yang ada di rumah Nanda.

Muni Garga menyampaikan bahwa dia datang ke tempat Nanda guna memenuhi keinginan Vasudeva yang meminta kepadanya untuk meramalkan kehidupan dua bayi yang ada di rumah Nanda berdasarkan ilmu astrologi. Muni Garga adalah seorang yang menguasai ilmu astrologi seperti pengaruh matahari, bulan, dan bintang-bintang lainnya terhadap kelahiran seseorang. Sang Muni mengabulkan pemberian nama kepada kedua anak bayi tersebut, akan tetapi hal tersebut dilakukan secara rahasia dan tidak memakai perayaan ritual seperti biasanya. Perayaan ritual akan menarik perhatian mata-mata Raja Kamsa yang telah mencurigai bahwa anak Vasudeva dan Devaki tinggal di daerah Gokula. Nanda sepakat dengan nasihat Sang Muni dan menyampaikan bahwa sudah ada tiga asura: Putana, Sakatasura, dan Trinavarta yang berkeliaran di Gokula dan mengalami kematian yang misterius.

Muni Garga menyampaikan informasi kepada Nanda bahwa putra Rohini akan membahagiakan seluruh keluarga besar Yadu, maka dia diberi nama Rama. Di kemudian hari dia akan sangat kuat sehingga akan dipanggil Balarama. Semua dinasti Yadu akan patuh pada perintahnya, karena itu dia juga disebut Sankarsana. Sang Muni belum membuka rahasia kepada Nanda bahwa sebetulnya Rama adalah putra Vasudeva dan Devaki, di mana janin dalam kandungan Devaki dipindahkan ke dalam kandungan Rohini.

Muni Garga kemudian menyampaikan informasi kepada Nanda, bahwa anak bayi yang satunya pernah mewujud dalam berbagai warna kulit dalam zaman yang berbeda. Pertama kali dia berkulit putih, kemudian merah, kuning, dan saat ini hitam. Muni Garga juga menyampaikan bahwa anak tersebut semula adalah putra Vasudeva, maka dia dinamakan Vasudeva dan juga disebut Krishna. Nanti orang akan memanggilnya Vasudeva atau Krishna. Tetapi perlu diingat bahwa anak tersebut mempunyai banyak nama sesuai kegiatannya. Muni Garga juga meramalkan bahwa anak laki-laki Nanda tersebut  juga akan dipanggil Giridhari karena dia mampu mengangkat Bukit Govardhana. Anak ini sangat membahagiakan para gopi dan gopal. Dia akan sangat terkenal di Brindavan dia akan memberi nasib yang baik kepada Nanda. Karena kehadirannya, Nanda akan dapat mengatasi berbagai bencana. Dia akan menjadi sangat perkasa, sehingga setiap orang yang menjadi bhaktanya akan selamat dari gangguan musuh-musuhnya.

Nanda sangat bersyukur atas nasihat dan ramalan tentang Rama dan Krishna. Dia merasa bahwa dirinya, istrinya dan semua orang yang tinggal di Gokula sangat beruntung dengan keberadaan kedua anak tersebut. Setelah menyampaikan nasihat tersebut Sang Muni pulang  dan menemui Vasudeva di kota menyampaikan perkembangan dari putra mereka, Rama dan Krishna.

Rishi Shuka terdiam beberapa saat setelah menceritakan pemberian nama kepada Rama dan Krishna. Nampak rona kebahagiaan dalam raut wajah sang rishi.  Parikhsit berkata, “Terima kasih Guru yang telah menceritakan tentang kebahagiaan keluarga Nanda di Gokula, yang bahkan menerima anugerah melebihi Vasudeva dan Devaki, orang tua mereka sebenarnya.” Rishi Shuka berkata, “Benar wahai raja, akan kuteruskan kisah tentang kebahagiaan Nanda dan Yashoda.”

Siapakah Nanda dan Yashoda? Bagaimana past life mereka sehingga memperoleh berkah membesarkan Sri Krishna?

Silakan ikuti kisah Srimad Bhagavatam selanjutnya……

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: